Tugas Tik Defito

 

WEB DALAM INTERNET

 

Dalam aktivitas internet terdapat bagian yang sangat jarang diketahui oleh pengguna internet dan tidak di indeks oleh mesin pencari (search engine) standar atau dikenal juga sebagai surface web (permukaan). Padahal, internet sangat luas memiliki bagian yang disebut dengan Deep Web dan Dark Web.

Lalu apa perbedaan dari ketiganya?





Ada banyak perbedaan. Mulai dari cara mengakses, situs web apa saja yang bisa di akses, ukuran web (jumlah situs yang bisa diakses), digunakan untuk apa, siapa yang bisa menggunakan, dan kerahasiaan pencarian

 

Surface Web

Surface Web adalah sebuah website atau situs yang muncul di permukaan paling atas dalam sebuah index pencarian mesin pencari.

Maksudnya adalah, ketika kita melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, dsb, maka hasil yang muncul tersebut termasuk ke dalam kategori Surface Web (dapat ditemukan oleh semua orang). Dari sekian banyaknya situs dan website di internet, hanya sekitar 5% saja yang dapat diakses oleh semua orang


Deep Web

Deep Web merujuk kepada situs web yang tidak bisa diakses dengan mudah melalui mesin pencari konvensional seperti Google atau Yahoo. Hal ini dikarenakan konten yang ada pada Deep Web belum diindeks oleh mesin pencari umum yang digunakan.

Bisa dikatakan, jika sebuah situs web tidak diindeks oleh mesin pencari situs, maka alamat itu hanya dapat diakses dengan menavigasi langsung ke URL melalui tautan atau mengetikkan alamat web yang tepat di browser web.

Banyak situs web yang menggunakan Deep Web karena alasan informasi yang mereka miliki tidak dimaksudkan untuk konsumsi publik. Pemilik konten membuat informasi tersebut tidak dapat diakses dengan memastikan tidak muncul dalam hasil pencarian browser internet.Deep Web tidak selalu ilegal dan ada banyak kegiatan yang terjadi yang sepenuhnya dalam konteks hukum.

 

Dark Web

Dark Web atau yang lebih dikenal dengan Dark Net merupakan bagian yang paling dalam di internet, lebih dalam dari Deepweb. Dark Web adalah situs yang sama sekali tidak terindex.

Dark Web atau yang lebih dikenal dengan Dark Net merupakan bagian yang paling dalam di internet, lebih dalam dari Deepweb. Untuk mengakses Dark Net, diperlukan tingkat kecakapan internet tertentu, dengan langkah-langkah yang diperlukan yang harus diambil untuk tidak hanya memasuki dunia enshroud ini sambil menjaga privasi maksimal.

Untuk menjaga anonimitas, pengunjung Dark Net biasanya menggunakan perangkat lunak anonimitas khusus seperti Tor untuk menutupi identitas mereka seperti lokasi, alamat IP, dll.

Tor adalah perangkat lunak yang memberikan individu kemampuan untuk berkomunikasi secara anonim. Tor merupakan akronim yang berasal dari "The Onion Router."  Pengguna menandai browser Tor sebagai sarana utama untuk melakukan perjalanan melalui internet yang luas secara anonim.

Hal hal yang dapat ditemukan disini seperti pembajakan akun,nomor kartu kredit,kupon palsu, senjata illegal dan lain sebagainya


Diantara ke 3 web tersebut memang mempunyai fungsi yang berbeda, dan tentunya tidak sembarang orang bisa memasukinya jika web sudah terlalu dalam. Jadi  perhatikanlah keamanan hp,komputer,laptop milikmu jika ingin mengunjungsi semua web tersebut.


Sumber :

https://notnoob.com/apa-yang-di-maksud-dark-web-deep-web-dan-surface-web/


https://cyberthreat.id/read/6226/Apa-Beda-Surface-Web-Deep-Web-dan-Dark-


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQSAn1mnSnbTiy3bjWFtXsl7uHxhsWysc0DWw&usqp=CAU

Comments